ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI TERHADAP SIKAP DAN IMPLIKASINYA PADA KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SMARTPHONE BLACKBERRY DI KOTA MATARAM

  • Sri Maryanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji faktor-faktor yang berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen di Mataram untuk smartphone BlackBerry berdasarkan perspektif teori motivasi, persepsi kualitas, dan sikap dengan mengembangkan model teoritik struktural struktural. Topik dipilih dengan beberapa alasan. Terdapat  kesenjangan teori dan studi sebelumnya, pengembangan model dan fakta empiris. Objek penelitian adalah pengguna smartphone BlackBerry di Mataram, sedangkan jumlah responden adalah 110 orang. Data dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan AMOS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pada sikap konsumen, persepsi kualitas pada keputusan pembelian, dan keputusan pembelian pada konsumen berpengaruh signifikan terhadap pengguna smartphone BlackBerry di Mataram. Sementara uji statistik menolak hipotesis sebelumnya yaitu motivasi mempengaruhi keputusan pembelian dan persepsi kualitas memengaruhi sikap konsumen. Temuan strategis dari penelitian ini adalah bahwa motivasi yang kuat belum tentu akan membentuk keputusan pembelian. Upaya pemasaran yang lebih baik dari organisasi untuk membentuk keputusan pembelian diperlukan. Tetapi jika kualitas yang dirasakan cukup kuat dan sikap konsumen positif, keputusan membeli akan ditemukan dalam produk smartphone BlackBerry.

Penelitian ini membuktikan bahwa persepsi kualitas adalah salah satu faktor penentu keputusan pembelian. Sebagai implikasi praktis, penyedia ponsel cerdas BlackBerry harus memperhatikan kualitas produk, kebutuhan pelanggan, upaya pemasaran, dan mempelajari sikap konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Published
2017-09-30
How to Cite
Maryanti, S. (2017). ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI TERHADAP SIKAP DAN IMPLIKASINYA PADA KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SMARTPHONE BLACKBERRY DI KOTA MATARAM. Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 3(2), 37-53. https://doi.org/https://doi.org/10.32666/tatasejuta.v3i2.72