PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BAGI WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR PELAYANAN BERSAMA SAMSAT MATARAM

  • Siti Yulianah M Yusuf Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mataram

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji seberapa baik pengaruh pelaksanaan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015 yang terdiri dari kinerja (performance), ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (features), kehandalan (reliability), kesesuaian dengan spesifikasi, service ability, estetika atau daya tarik, dan persepsi kualitas pada Kantor Pelayanan Bersama SAMSAT Mataram terhadap kualitas pelayanan Kantor Pelayanan Bersama SAMSAT Mataramdi Kota Mataram.

            Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Mataram dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Alat pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Pengukuran data menggunakan skala likert dan analisis data menggunakan analisis model regresi berganda.

            Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel kinerja, keistimewaan tambahan, kehandalan, kesesuaian dengan spesifikasi, sevice ability, estetika dan persepsi kualitas secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan Kantor Pelayanan Bersama SAMSAT Mataram pada derajat kepercayaan α = 5 %.

Published
2017-09-30
How to Cite
M Yusuf, S. (2017). PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BAGI WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR PELAYANAN BERSAMA SAMSAT MATARAM. Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 3(2), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.32666/tatasejuta.v3i2.67