The Effect of CSR and GCG on Profitability

  • Elin Erlina Sasanti Universitas Mataram
  • Animah Animah Universitas Mataram
  • D.Tialurra Della Nabila Universitas Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) terhadap profitabilitas. Penelitian dilakukan terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 103 perusahaan. Data diperoleh dari laporan tahunan maupun laporan CSR yang dipublikasikan di website BEI yaitu www.idx.co.id. Hasil analisa data yang dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap profitabilitas sedangkan GCG berpengaruh terhadap profitabilitas. Secara teoritis, penelitian ini mengkonfirmasi hasil penelitian terdahulu dan Teori Agensi dalam hal pentingnya peranan GCG dalam pengelolaan perusahaan untuk mengurangi masalah keagenan antara investor sebagai prinsipal dengan manajer sebagai agen. Selain itu, hasil penelitian mengimplikasikan bahwa perusahaan manufaktur di Indonesia belum sepenuhnya melaksanakan CSR yang dapat dilihat dari pengungkapan CSR dalam laporan tahunan maupun laporan CSR terpisah, sehingga tidak mempengaruhi profitabilitas. Sementara itu, hasil penelitian mengimplikasikan pelaksanaan GCG di perusahaan manufaktur telah dilaksanakan dengan memadai sehingga dapat mempengaruhi profitabilitas perusahaan.

Published
2022-04-22
How to Cite
Sasanti, E., Animah, A., & Nabila, D. (2022). The Effect of CSR and GCG on Profitability. Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 8(1), 16-26. https://doi.org/https://doi.org/10.32666/tatasejuta.v8i1.297

Most read articles by the same author(s)